Kamis, 29 November 2012

Layangan Jumbo (tempat tinggal)

   jika kalian berkunjung ke kampung saya, kalian akan langsung di suguhi pemandangan sawah yang sangat luas, terlebih lagi jika musim hujan. sawah nan hijau terhampar indah. para petani bersahut-sahutan untuk mengusir burung-burung nakal yang hendak memakan padi mereka. kalian akan takjub. subhanallah...
tapi jika sedang musim kemarau, sawahnya tak lagi indah hanya saja ada pemandangan baru, yaitu para penerbang layangan yang sangat mahir menerbangkan layangannya.
   saban sore, mulai dari anak-anak, remaja, bahkan orang tua menghiasi hamparan sawah kering di kampung saya. mereka berlomba untuk menerbangkan layangan mereka, tak hanya yang menerbangkan, yang melihatnya pun tak kalah banyak. mereka berduyun-duyun datang hanya untuk sekedar menyaksikan layangan itu terbang, dan ngabuburit.
   saat malam tiba pun tak kalah menariknya. mereka bukan malah pulang, tapi mereka makin menambah suasana sawah di kampung saya bertambah indah dengan lampu-lampu layangan mereka. warnanya pun bermacam-macam, mulai dari merah, kuning, biru, hijau, dan masih banyak lainnya. bagi orang yang tidak tahu, pasti beranggapan bahwa lampu-lampu itu adalah bintang jatuh, padahal itu adalah lampu dari layangan-layangan yang di terbangkan oleh warga di kampung saya.
   karena sawah di kampung saya bersebelahan langsung dengan jalan raya, kadang-kadang ada orang-orang luar juga turut menyaksikan pemandangan itu. memang sangat mengasikkan jika di rasakan. mereka juga merasa sangat terhibur dengan adanya itu. yang menariknya lagi, layangan yang di terbangkan bukan layangan biasa pada umumnya. layangan-layangan di desa saya berukan jumbo alias raksasa, ada yang berbentuk bulan sabit, burung, dan masih banyak lainnya.
   suara yang di hasilkan juga sangat unik, sehingga mungkin orang tertarik bukan hanya karena bentuk, atau yang lainnya, tapi juga suaranya. layangan-layangan itu bisa menghasilkan suara, karena adanya tali panjang yang di ikatkan di ujung bagian atas layangan itu. hingga menghasilkan bunyi yang unik saat di terbangkan ke atas. menerbangkan nya juga agak susah, butuh 2-3 orang untuk menerbangkannya karena beratnya yang super berat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Dini's Blog. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator